Q&A: kota...????

Question by bowlonx: kota...????
mengapa disetiap kota ( kota besar / kabupaten )kok ada alun alunnya ....dan di dekat alun alun tuch kok pasti ada masjid besar .....???

( khususnya di jawa n ga tahu lok di luar jawa soale blom pernah kluar jawa cih..)


Best answer:

Answer by Satria™
Itu Dibuat sebagai tanada chiri khas kota tersebuttttt....

biar para pendatang gak lupa ma kota tersebuttttt,,,,,,,,,,,,



Add your own answer in the comments!

9comments:

  1. Midsummer.Women1 May 2013 at 02:07

    Pernah belajar geografi n sosiologi ga? kalo gak salah di Indonesia itu ada ciri khas tertentu tentang centre citynya suatu kota. setiap kota ada pusatnya dan alun-alun adalah pusat kota tersebut. kalo gak salah urutannya begini :
    Alun-alun berada di tengah
    Masjid (tempat ibadah/ kebetulan mayoritas muslim) berada di sebelah barat
    disebelah timur adalah penjara atau kepolisian (pokoknya keamanan)
    di sebelah utara adalah pusat pemerintahan
    dan di sebelah selatan adalah pasar atau tempat perniagaan.
    urutan ini tidak mutlak tergantung tata kota daerah masing-masing.
    semoga membantu.

    ReplyDelete
  2. konsep alun2 sebenarnya di bawa oleh kompeni, karena di eropa daratan setiap ciri kota ada alun2 ama gereja, karena di jawa waktu tersebut adalah kerajaan mataram yang mayoritas beragama islam maka konsepnya alun2 ama masjid. begitu yang saya baca dari buku konsep kota tempo dulu..

    ReplyDelete
  3. baru tau tuh, disetiap kota besar ada alun-alun sama masjid besar, yang gw tau disetiap kota besar pasti banyak orang nya......

    ReplyDelete
  4. ''Lq,,1 May 2013 at 03:30

    huaha......ha.....ha......
    lucu
    lucu banget
    lo nanya beneran ato plesetan
    ko' humor?

    ReplyDelete
  5. roy van KENNYOZ1 May 2013 at 03:53

    ya untuk subuh asmara,itu lho jalan-jalan pagi sehabis sholat subuh di bulan ramadhan. kan kalo deket alun-alun jadi enak.

    ReplyDelete
  6. buat kamu kalo pas malam minggu lagi nongkrong di alun2,biar gak lupa waktu shalat.
    kalo pulang kejauhan, makanya disediain masjid
    weleh...otak bego gw ni!

    ReplyDelete
  7. Loh.. memang adanya di Jawa,,,
    kan namanya saja Alon-Alon... Alon-Alon itu kan bahasa Jawa artinya pelan2x,
    kalau diBatak yah namanya jadi Alon-Alonlah Bah..... gitu....

    ReplyDelete
  8. Yoel Iman Setiady G1 May 2013 at 05:35

    ya, masa ga ada alun2 nanti festival / EXPO / pameran dimana masa di WC trus sebelah nya mesjid besar.... ya iyalah besar masa mesjid nya kecil sepetak sih

    ReplyDelete
  9. supaya kendaraan yang lewat berjalan alon alon supaya gak di langgar ( musholla ) sama kendaraan lain. jadi pasti ada masjid besarnya

    ReplyDelete